TUTORIAL MENDAPATKAN HEX FILE DAN MENAMPILKAN BARIS PROGRAM PADA ARDUINO IDE


Pada kesempatan ini,saya akan membagikan tip dan trik untuk mendapatkan File Hex dan menampilkan baris program pada Arduino IDE
secara singkat IC mikrokontroler Arduino berjalan menggunakan bahasa mesin (file hex) , sedangkan yang kita menulis program menggunakan bahasa C Arduino, pada prosesnya Software Arduino IDE mengubah bahasa C ke bahasa mesin, saat kita klik  tombol verify. file .hex akan  terbentuk ,jika  program yg kita verify tidak error :). file .hex tersebut nantinya yg di upload Software Arduino IDE ke Mikrokontroler. File .hex dibutuhkan untuk melakukan simulasi program yg kita buat,misalnya dengan ISIS PROTEUS atau saat kita mau upload file .hex arduino menggunakan software lain, misalnya WINAVR atau CodeVision.
Untuk baris program pada software Arduino IDE ,sangat berguna ketika program yg sedang kita buat bermasalah, karena biasanya Arduino IDE menunjukan error di baris berapa. 

Untuk lebih jelasnya dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Buka Software Arduino IDE.

2. Buka Program yang akan di ambil file Hex nya.

3. Klik File >> Preferences 

 

4. aktifkan show verbose mode for compilation dengan cheklist compilation untuk menampilkan tempat atau folder menyimpan Hex File dan  display line numbers untuk menampilkan baris program





5. Compile Program yang akan di ambil .Hex file,bisa di lihat di gambar


6. Kita sudah  mendapatkan FIle .Hex  yang ada di temporary Folder

7. Copy dan Paste file .Hex di tempat lain, file tersebut bisa di pakai untuk simulasi atau upload file .hex ke IC menggunakan software lain. 

PR nya ,gaambar kebesaran .nanti sy update :)

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "TUTORIAL MENDAPATKAN HEX FILE DAN MENAMPILKAN BARIS PROGRAM PADA ARDUINO IDE"

  1. jika dibalik gmana om caranya..? dari file hex menjadi bahasa C.apakah ada caranya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ngebalik dari File Hex ke bahasa C pada dasarnya ngga bisa, tapi dulu ada beberapa software berbayar yang katanya bisa :), tapi penulis belum pernah coba.tapi kalau saran dari penulis lebih baik buat karya sendiri dari pada , nge hack :)

      Hapus
    2. trims infonya om...sangat bermanfaat

      Hapus
    3. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih :)

      Hapus
  2. Gan, saya mau bertanya, bisa atau tidak kalo kita ingin mendownload/mengambil lagi coding yang telah kita upload ke arduino, karena kebetulan, program nya ingin saya pindahkan ke arduino lain, sedangkan coding di arduino sebelumnya udah terhapus di PC,

    terimakasih, ditunggu jawabannya

    BalasHapus
  3. kalau ic microcontrollernya di lock bit, ngga bisa di copy. tapi kalau belum di lock bit, masih bisa di copy hex/bin filenya.semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  4. Gan ane mau tanya,,bagaimana menentukan letak alamat hex,dan mau kita visualkan?

    BalasHapus